With Smile Dental Clinic

With smile dental clinic
header website
Header Website
Header Website

Penyebab Bau Mulut

Berlangganan Info Tentang Gigi

bau mulut
Ilustrasi Dampak Bau Mulut

Mengapa Mulut Berbau ?

Bau mulut atau Halitosis, bisa menjadi masalah besar, terutama ketika kamu berkomunikasi dengan kekasih atau membisikkan lelucon kepada teman. Saat berdekatan, mulut berbau bisa tercium oleh orang lain dari jarak yang cukup jauh, walau bau tersebut belum tentu dirasakan oleh-mu. Hal ini wajar karena biasanya orang tidak sadar akan bau yang dikeluarkan tubuhnya. Jika kamu terus membiarkan bau ini tentu teman atau kekasih menjadi enggan berdekatan dengan kamu. Kabar baiknya adalah, bau mulut dapat dicegah dengan beberapa langkah sederhana.

Sejatinya, bau mulut disebabkan oleh bakteri penghasil bau yang tumbuh di mulut. Ketika kamu tidak menyikat gigi dan menggunakan floss secara teratur, bakteri akan menumpuk pada sisa-sisa makanan yang tersembunyi di sela gigi atau di mulut-mu yang terdalam. Senyawa sulfur yang dilepaskan oleh bakteri ini membuat napas kamu berbau.

Makanan tertentu, terutama bawang putih dan bawang merah yang mengandung senyawa minyak, dapat menyebabkan bau mulut karena minyak ini dibawa ke paru-paru dan keluar melalui mulut Anda. Merokok juga merupakan penyebab utama bau mulut.

Ada banyak mitos tentang merawat bau mulut. Berikut adalah tiga hal yang mungkin pernah kamu dengar tentang bau mulut yang sebenarnya tidak benar :

"Bad breath is a scientific phenomenon, and you can fix it !"

#www.brainyquote.com

Obat Kumur Akan Membuat Bau Mulut Hilang #Mitos 1

Obat kumur sebenarnya hanya menghilangkan bau mulut sementara. Jika kamu menggunakan obat kumur, carilah yang mengandung Antiseptik (membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut). Juga, mintalah rekomendasi dokter gigi.

Selama Rajin Menyikat Gigi, Seharusnya Mulut Tidak Akan Berbau #Mitos 2

Kebanyakan orang hanya menyikat gigi selama 30 hingga 45 detik. Padahal, untuk membersihkan seluruh permukaan gigi, kamu harus menyikat setidaknya 2 menit dengan intensitas 2x sehari. Ingatlah untuk menyikat lidah juga sebab, bakteri banyak melekat di sana. Floss juga penting karena menyikat gigi saja tidak akan menghilangkan plak berbahaya dan partikel makanan yang tersangkut di antara gigi dan gusi.

Bau Mulut Dapat Dideteksi Dengan Menghembuskan Nafas Ke Dekat Tangan Lalu Menciumnya #Mitos 3

Salah! Ketika kamu bernafas, kamu tidak menggunakan tenggorokan dengan cara yang sama seperti kamu lakukan ketika berbicara. Ketika kamu berbicara, kamu cenderung mengeluarkan bau dari bagian belakang mulut (di mana sebenarnya bau mulut berasal), yang tidak bisa dilakukan hanya dengan mengetes melalui nafas. Juga, karena kita cenderung terbiasa dengan bau kita sendiri, sulit bagi seseorang untuk mengetahui apakah dia memiliki bau terutama bau mulut.

Masalah Diluar Mulut Yang Dapat Menyebabkan Bau Mulut

Jika khawatir tentang bau mulut, pastikan kamu merawat gigi dan mulut dengan benar. Beberapa solusi seperti permen bebas gula juga dapat menutupi bau, walau hanya sementara. Atau kamu dapat memilih perawatan Scaling yang dapat menuntaskan plak dan Karang Gigi di mulut-mu

Jika kamu menyikat gigi dan menggunakan floss dengan benar serta mengunjungi Dokter Gigi untuk pembersihan rutin, tetapi bau mulut tetap ada, mungkin saja kamu memiliki masalah medis seperti Sinusitis. Hubungi Dokter Umum jika Anda mencurigai adanya masalah seperti Sinusitis tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *