With Smile Dental Clinic

With smile dental clinic
header website
Header Website
Header Website

Perbedaan Aligner Dan Retainer

Berlangganan Info Tentang Gigi

Retainer
Ilustrasi Aligner Dan Retainer
Retainer
Ilustrasi Aligner Dan Retainer

Aligner VS Retainer

Penting untuk mengetahui perbedaan antara Aligner (‘pencetak’ gigi) dan Retainer (‘penahan’ gigi) sehingga Anda benar-benar memahami perawatan Ortodontik yang akan Anda lakukan. Masing-masing alat ini memiliki peran terpisah dalam kesehatan mulut. Berikut adalah perbedaan utama di antara mereka :

1. Aligner Bertujuan Untuk Meluruskan Gigi

Aligner bertujuan untuk meluruskan gigi Anda. Ketika Anda menyadarinya, ternyata Aligner bekerja sangat mirip dengan Kawat Gigi konvensional, yang memberikan tekanan lembut pada gigi Anda menggunakan braket dan kawat. Sedikit perbedaannya adalah, Aligner menggunakan cetakan ketimbang menggunakan braket & kawat.

Braket logam dan kawat didalam ‘Kawat Gigi konvensional’ memiliki beberapa pantangan untuk aktivitas seperti makan, minum, dan menjaga kebersihan mulut Anda. Jika Anda memakai Kawat Gigi, Anda harus menghindari makanan tertentu – seperti permen karet, popcorn dan makanan bertekstur keras. Sedangkan, dengan Aligner, yang harus Anda lakukan hanyalah melepaskannya sebelum makan, minum atau menyikat gigi.

"Remember, Your Smile May be the Brightest Part of Someone's Day."

2. Retainer Mempertahankan Kondisi Gigi Setelah Lurus

Setelah Aligner atau Kawat Gigi memindahkan gigi Anda ke posisi yang diinginkan, Retainer akan menjaga gigi Anda pada posisi itu. Pemakaian Retainer sangat penting karena gigi memiliki apa yang disebut “Memori Elastis.” Pada dasarnya, “Memori Elastis” adalah gigi Anda memiliki kecenderungan alami untuk bergeser kembali ke posisi semula yaitu ke kondisi sebelum Anda menjalani perawatan Aligner atau Kawat Gigi. Untuk mencegah pergerakan seperti itu, pasien akan memakai Retainer selama beberapa tahun sesudah selesainya perawatan Aligner / Kawat Gigi.

3. Aligner Sementara, Retainer Lebih Lama

Perawatan Ortodontik akan terjadi dalam dua fase. Jika Anda memakai Aligner, Anda diharapkan memakainya setidaknya selama 22 jam sehari dan memungkinkan Anda untuk melepas alat ini saat Anda makan, minum, atau menyikat gigi.

Setelah gigi Anda bergeser ke posisi yang diinginkan, Anda akan beralih ke pengguanaan Retainer selama sekitar enam bulan, memakainya siang dan malam.

Dalam beberapa kasus yang khusus, pasien akan memakai Retainer mereka di setiap waktu di malam hari untuk waktu yang lebih lama dari sekedar enam bulan.

2 thoughts on “Perbedaan Aligner Dan Retainer”

    1. Helo Kak Rst, terimakasih telah meninggalkan komentar di website kami
      Kami doakan Kak Rst selalu sehat. Jika Kakak suatu waktu memiliki masalah gigi bisa hubungi kami

      With Smile Dental Clinic,
      #YourSmileIsEverything

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

behel metal