With Smile Dental Clinic

With smile dental clinic

Perbedaan kawat gigi konvensional dan self ligating

Di zaman sekarang seiring berkembangnya teknologi prosedur untuk merapihkan gigi tentu semakin berkembang. Bukan hal asing lagi di kalangan masyarakat tentang pemakaian kawat gigi. Hal ini terbukti semakin maraknya beberapa kalangan remaja yang memakai kawat gigi.

Kawat gigi atau behel atau bracket merupakan prosedur untuk merapihkan gigi dengan menggunakan kawat yang berfungsi untuk merapihkan kondisi gigi yang tidak rata. Prosedur pemakaian kawat gigi sebagai penyelaras gigi dan rahang sehingga menghasilkan kondisi gigi yang ideal, dan sangat berpengaruh terhadap aktifitas mengunyah makanan serta mendapatkan senyum yang mempesona. Kawat gigi yang banyak dijumpai di klinik gigi secara umum terbagi menjadi dua yaitu kawat gigi konvensional yang membutuhkan karet sebagai pengunci dan self ligating yang tidak membutuhkan karet namun memakai sistem klip sebagai pengunci.

Berikut beberapa perbedaan kawat gigi konvensional dan self-ligating

  • 1. Karet elastis
Self ligating yang dalam metode pengunciannya tidak membutuhkan karet elastis karena terletak pengunci atau penyangga khusus pada bracket self ligating. Lain hal nya pada kawat gigi konvensional yang membutuhkan karet elastis sebagai pengunci.

  • 2. Perawatan lebih nyaman
Pasien yang memakai self ligating lebih banyak tidak merasakan sakit ketika perawatan memakai kawat gigi. Hal tersebut karena gaya friksi antara bracket dan kawat menghasilkan gaya yang lebih rendah, sehingga tekanan yang disalurkan ke jaringan periodontal dan pembuluh darah lebih stabil dan konstan menyebabkan berkurangnya rasa sakit. Berbeda dengan kawat gigi konvensional yang memiliki tekanan tinggi pada awal perawatan dan terjadi penurunan tekanan pada akhir perawatan.

  • 3. Durasi perawatan lebih cepat
Menurut penelitian tahun 2019, sebanyak 30 pasien yang memakai self ligating dan kawat gigi konvensional secara bersamaan, dan pasien yang memakai self ligating memiliki durasi lebih cepat daripada pasien yang memakai kawat gigi konvensional, yaitu lebih cepat 4 bulan.

  • 4. Harga dan kualitas
Dari segi harga dan kualitas tentu terdapat perbedaan antara self ligating dan kawat gigi konvensional. With Smile Dental Clinic menyediakan pilihan self ligating mulai dari Rp 22.000.000 sedangkan untuk kawat gigi konvensional mulai dari Rp 9.800.000. Perbedaan harga tersebut berpengaruh pada kualitas kawat gigi dan bracket.

With Smile Dental Clinic/Celebrity Dental Clinic menyediakan pilihan perawatan yang lengkap untuk merapihkan gigi anda. Konsultasi ke dokter gigi terlebih dahulu merupakan pilihan yang tepat sebelum pemakaian kawat gigi. 

Klinik kami adalah solusi yang tepat untuk masalah gigi anda, segera reservasi sekarang.

behel metal