With Smile Dental Clinic

With smile dental clinic

Persiapan yang harus dilakukan sebelum pasang kawat gigi

Setiap orang pasti ingin memiliki senyuman yang indah dan mempesona. Namun sayangnya senyuman yang indah dan mempesona tidak dimiliki oleh setiap orang. Hal ini terjadi karena tidak semua orang memiliki kondisi gigi yang rapih. Gigi yang rapih menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada senyuman.

Gigi yang tidak rapih atau maloklusi terjadi karena kondisi gigi bengkok, berjejal, tumpang tindih, maupun tonggos (overbite). Pada kondisi gigi yang tidak rapih bukan hanya berpengaruh terhadap penampilan, bahkan dapat kesulitan berbicara, menggigit, dan mengunyah makanan.

Cara untuk merapihkan gigi tentunya dengan pemakaian kawat gigi. Pemakaian kawat gigi bertujuan sebagai penyelaras gigi dan rahang sehingga menghasilkan kondisi gigi yang ideal.
Pada saat proses pemakaian kawat gigi akan dilakukan dengan dokter gigi yang telah berpengalaman. Sebelum pemakaian kawat gigi perlu dilakukan beberapa hal berikut

  • 1. Konsultasi dengan dokter gigi
Langkah awal sebagai pembuka pada proses pemakaian kawat gigi yaitu konsultasi ke dokter gigi. Pada konsultasi gigi tersebut dokter akan melakukan pemeriksaan pada gigi dengan cara rontgen gigi atau dental x-ray agar mendapatkan hasil kondisi gigi sebelum perawatan. Hasil yang didapatkan setelah rontgen gigi sebagai panduan dokter untuk memberikan perawatan gigi yang tepat dan berapa lama menjalani prosedur pemakaian kawat gigi

  • 2. Prosedur pemakaian kawat gigi
Gigi yang dipakaikan kawat gigi sebelumnya akan dibersihkan, dihaluskan, dan dikeringkan. Di persiapkan sedemikian rupa bertujuan supaya kawat gigi melekat pada permukaan gigi dengan baik. Selanjutnya pada permukaan gigi ditempelkan bahan perekat berupa resin komposit yang sewarna dengan gigi. Tidak hanya gigi yang ditempelkan bahan perekat, bracket yang akan dipakai juga ditempelkan bahan perekat. Jika ada kelebihan bahan perekat maka dokter akan membersihkannya. Setelah itu gigi dan kawat gigi disinari dengan cahaya intensitas yang tinggi supaya keduanya melekat dan tidak mudah copot.

  • 3. Perawatan setelah pakai kawat gigi
Kawat gigi yang sudah terpasang akan menimbulkan rasa agak nyeri pada setiap orang memakai kawat gigi. Hal tersebut karena kawat gigi yang menarik gigi. Biasanya dokter akan memberikan obat pereda nyeri sebagai cara mengatasi nyeri setelah pasang kawat gigi. Hindari makanan yang keras. Sebaiknya konsumsi makanan yang lembut atau lunak supaya tidak menambah rasa nyeri.

  • 4. Kontrol rutin
Sudah menjadi keharusan bagi setiap orang yang memakai kawat gigi untuk melakukan kontrol rutin ke dokter gigi. Selama menjalankan perawatan kawat gigi bisa terjadi pelonggaran pada kawat. Biasanya yang dilakukan saat kontrol selain melihat perkembangan gigi sekaligus melakukan pengencangan kawat gigi, yang sebaiknya dilakukan setiap 3 sampai 10 minggu sekali. Kawat gigi yang lebih modern memiliki waktu kontrol yang lebih sedikit.

  • 5. Perawatan setelah pemakaian kawat gigi
Dokter gigi akan memastikan bahwa kondisi gigi benar-benar sudah rapih sebelum melakukan langkah selanjutnya yaitu melepas kawat gigi. Pelepasan kawat gigi akan dilanjutkan dengan membersihkan bahan perekat yang telas mengeras dengan cara dipecahkan dengan seksama. Sisa resin komposit jika terdapat pada permukaan gigi akan dibersihkan. Dokter akan mengharuskan menggunakan retainer setelah melepas kawat gigi sebagai upaya untuk tetap menjaga kondisi gigi rapih dan tidak bergeser.

With Smile Dental Clinic/Celebrity Dental Clinic selalu siap membantu permasalahan gigi anda

Klinik Gigi terbaik yang sudah mengatasi lebih dari 80.000 pasien dengan masalah gigi yang berbeda beda.

Home

Social Media kami

ikuti kami di sosial media juga.

behel metal